1.
Web
Pengertian web
Web Site Disebut juga site, situs, situs web,
atau portal. Secara makna sebuah website adalah sekumpulan halaman informasi
yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia
selama terkoneksi dengan jaringan internet tanpa terbatas ruang dan waktu.
Website merupakan sebuah komponen yang terdiri
dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik
untuk dikunjungi oleh orang lain.
Sebuah website adalah representasi virtual anda
atau bisnis anda yang berada di internet. Dengan perkembangan teknologi yang
semakin cepat, semua orang menginginkan informasi dapat tersaji dengan cepat
dan akurat. Tanpa melihat seberapa besar bisnis anda, apapun bisnis anda, sungguh disayangkan jika
tidak memiliki website yang mana hampir semua calon konsumen menggunakan
fasilitas ini untuk memenuhi kebutuhannya akan informasi produk-produk yang
pasarkan.
Jenis-jenis website:
·
Website
Profile
·
Website Toko Online
·
Website
Catalog
·
Website
Komunitas
·
Website
Pendidikan
·
Website
Berita
·
Website
Personal (branding)
·
Website
Bisnis, dll
Manfaat website
Dengan memiliki website untuk usaha, berarti
usaha sudah berada selangkah lebih maju dibandingkan competitor yang belum
memiliki website. Meningkatkan
brand/prestise perusahaan mata pelanggan dan calon pelanggan.
Melalui website dapat memberikan informasi
secara update kepada pelanggan. Baik berupa informasi produk atau dukungan
terhadap produk yang telah dibeli.
Website
menampung produk dan informasi sebanyak-banyaknya. (Media advertising
terbatas).
Media Advertising (koran, tabloid, brosur)
hanya pancingan saja. Pembaca akan mencari informasi lebih banyak melalui
website Anda.
Produk dan informasi akan terpublikasi ke
seluruh dunia.(Media advertising hanya terbatas lokal saja). Sebagai
tempat penjualan (Showroom) 24 jam selain toko nyata.
Website
adalah investasi super murah. Bandingkan dengan toko nyata yang harus sewa
ruko, bayar listrik, bayar karyawan, telpon, dll.
Memudahkan pelanggan menghubungi, dan
mendapatkan informasi produk dan jasa. Mendapatkan
Pelanggan Baru setelah melihat informasi yang menarik ada diwebsite.
Salah
satu kunci utama suksesnya sebuah website adalah website yang mampu menarik
sebanyak mungkin pengunjung sebagai pelanggan.
2.
Software
Pengertian
Software
Software adalah suatu perangkat lunak yang
dapat dijalankan pada perangkat keras seperti komputer, handphone, dan
perangkat keras lain yang menghubungkan dengan user. Kegunaan software itu
sendiri yaitu sebagai sistem yang dapat berguna untuk manusia sebagai user
dalam memudahkan pekerjaannya. Seperti halnya sistem operasi yang termasuk ke
dalam software atau perangkat lunak berguna untuk mengelola sumber daya
perangkat keras.
Manfaat
Software
Dengan semakin berkembangnya hardware, akan
diikuti oleh perkembangan software untuk mengimbangi kebutuhan software terhdap
hardware. Perkembangan software yang sangat cepat ini tidak lepas dari
banyaknya software yang bersifat open source yang dapat dikembangkan oleh para
developer, seperti Google yang menyediakan dari beberapa produknya (Google
Maps, Google Translate, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan oleh developer
sehingga semakin meluaskan fungsi. Dengan banyaknya pihak developer atau
programmer ini akan semakin meningkatkan perkembangan software baik yang bersifat
komersil maupun yang sifatnya freeware.
Tak sedikit orang atau perusahaan yang
memanfaatkan pengembangan software sebagai mata pencarian atau sumber
pendapatan. Software yang bersifat komersil dibedakan menjadi 3 segi kebutuhan,
yaitu:
·
Software
sebagai produk.
Merupakan manfaat software dijadikan sebuah
produk yang dapat dijual kepada masyarakat atau perusahaan yang membutuhkan.
Misalnya: sistem kasir, sistem pos (Point of Sale), sistem keuangan, dan
lain-lain. Sistem tersebut bersifat paten yang dibuat oleh perusahaan tertentu
yang kemudian dijadikan produk dari perusahaan tersebut yang dapat dijual
kepada perusahaan lain yang membutuhkan. Biasanya produk software ini diberi
nama yang dijadikan trend atau ciri khas dari perusahaan tersebut. Misalkan
dari perusahaan Bitncode, semua produk aplikasi yang dibuat diberi nama Bit,
Yaitu: BitFinance, BirKasir, BitAbsensiOnline, dan lain-lain. Kegunaan software
sebagai produk ini telah diterapkan di Jepang, dan negara-negara barat.
·
Software
sebagai bisnis.
Yaitu bisnis yang dilakukan dengan menciptakan
sebuah software yang dapat memberikan penghasilan secara terus-menerus dari
software tersebut melalui jalur bisnis. Software yang dibuat lebih pada
pendekatan memberikan layanan atau jasa yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain
dengan membayar license atau sewa.
·
Software
sebagai proyek.
Yaitu seorang individu/perorangan atau suatu
perusahaan yang menjadikan software hanya sebagai proyek untuk mendapatkan
penghasilan. Pembuat software hanya akan membuat software ketika ada permintaan
dari user. Dan ketika software telah selesai dibuat, berakhir pula software
tersebut sebagai software milik pembeli.
Kegunaan software sebagai proyek ini banyak diterapkan di Indonesia.
Itulah sebabnya software di Indonesia susah berkembang. Biasanya yang
menggunakan software sebagai proyek ini adalah mahasiswa dan software house.
Mereka tidak membuat software sebagai produk mereka, melainkan membuat software
ketika ada permintaan dari user.
Pembagian
Software
Pada dasarnya, Software bisa dibedakan jadi
bagian-bagian diantaranya seperti berikut :
a. System Operasi yaitu pirantil lunak yang
mengorganisasikan semuanya komponen mesin computer.
Contoh-Contoh
System Operasi:
·
Macintosh
·
Linux
·
Unix
·
Microsft
Windows
b. Program Aplikasi (Siap Gunakan) yaitu satu
program yang ditulis dalam bhs pemrograman spesifik untuk diaplikasikan pada
bagian spesifik. Program Aplikasi dibedakan dalam sebagian type aplikasi
diantaranya seperti berikut :
·
Pengolah
kata (word processor), misalnya : Ms. Word, Word Star, Word Perfect
·
Pengolah
angka (spread sheet), misalnya : Exel, Lotus, Quattro pro
·
Pengolah
data (database), misalnya : Ms. Access, Dbase, Foxpro
·
Pengolah
citra (drawing, misalnya : Adobe photoshop, Corel Draw, 3DStudio.
c. Program Bantu (Utility) yaitu satu program yang
berperan untuk menolong system operasi.
Contoh-Contoh
Program Bantu (Utility):
·
Moxilla
firefox
·
Anti
Virus
·
Winamp
·
FLV
Player
·
PC Tools
d. Bahasa Pemrograman yaitu satu program yang
berupa assambler compiler atau interpreter.
Contoh-Contoh
Bahasa Pemrograman:
·
ASP
·
HTML
·
Visual
Basic
·
Pascal
·
Java
·
Delphi
·
PHP
Jenis
Perangkat Lunak/Software
Komputer dalam menggerakkan fungsinya di dukung
oleh dua type piranti. Bila satu diantara piranti rusak maka automatis computer
tak dapat dipakai kembali.Ke-2 piranti tersebut di Indonesia di kenal dengan
perangkat keras atau hardware serta perangkat lunak atau software.
Pada saat ini, kami bakal sharing info mengenai
beberapa jenis piranti lunak yang dapat digerakkan di computer pribadimu.
Dengan tahu beberapa jenis piranti lunak yang ada sekarang ini, anda semakin
lebih gampang lagi menentukan mana yang paling pas buat kamu pakai.
Piranti lunak computer sendiri mempunyai
pengertian beberapa kumpulan data-data elektronik yang disimpan dan ditata oleh
computer. Data-data itu disimpan berbentuk program maupun instruksi yang bakal
menggerakkan beragam jenis perintah yang bisa digerakkan.
Di bawah ini beberapa jenis software yang ada
serta bisa anda gunakan untuk menggerakkan komputermu.
a. Commercial Software
type piranti lunak computer yang umum di
ketahui orang yaitu piranti lunak yang berbayar. Piranti lunak ini di buat
untuk tujuan serta keperluan komersial.Tiap-tiap pemakai yang ingin memakainya
mesti terlebih dulu membelinya pada pihak yang mendistribusikannya.Terkecuali
beli pada yang mendistribusikan piranti lunak itu, anda dapat juga membelinya
pada pengembang yang membuatnya secara langsung.Pemakai yang memanfaatkan
piranti lunak ini umumnya tak diizinkan untuk menebarluaskan lagi piranti lunak
itu.
Sebagian contoh piranti lunak berbayar
diantaranya seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Office, serta lain
sebagainya. Piranti lunak berbayar dilindungi oleh undang-undang hak cipta
hingga distribusinya terbatas.
b. Freeware
Freeware atau piranti lunak gratis ini dapat
mempunyai hak cipta di mana pemakai yang mau memakainya diberikan kebebasan
untuk mengunduh dengan cara gratis serta tanpa ada batasan waktu.Umumnya
beberapa pengembang parangkat lunak gratis ini membuatnya diperuntukkan untuk satu
komune. Tetapi pengembang itu tetaplah ingin menjaga hak ciptanya sekaligus
terus mempunyai kontrol luas dalam pengembangan versi yang lebih up-date.Satu
diantara contoh freeware yang terkenal orang-orang seperti Mozilla Firefox.
c. Shareware
Piranti lunak type ini sediakan program gratis
dengan batasan waktu khusus serta manfaat dan kenyamanan yang lebih terbatas.
Istilahnya program eksperimen atau trial.Bila pemakai mau meneruskan saat
pemakaian piranti lunak atau mau memperoleh service yang lebih komplit lagi,
maka pemakai mesti membayar sejumlah uang pada distributor atau pengembang
piranti lunak itu.
d. Firmware
Piranti lunak type ini merujuk pada model
penyimpanan dalam Memory Read Only atau penyimpanan yang cuma bisa di baca.
Sifatnya lebih paten lantaran tidak akan lakukan pengembangan secara automatis
meskipun ada persoalan secara fungsionalitas.Umumnya firmware sudah tertanam
serta menyatu dengan satu piranti keras seperti alat-alat elektronik, alat
telekomunikasi serta komponen-komponen piranti keras computer. Hingga firmware
oleh beberapa pakar dikira bukanlah piranti lunak seutuhnya.
e. Free Software
Arti free software atau piranti lunak bebas
ditampilkan dengan merujuk pada piranti lunak yang bebas untuk dipakai,
dipelajari, dirubah dan disalin dengan atau tanpa ada modifikasi.Bebas disini
bermakna pemakai tak perlu memohon izin pada siapa saja untuk memakainya.
Piranti lunak bebas dalam makna free software ini tidak sama dengan
freeware.Piranti lunak ini umumnya mempunyai satu lisensi serta sediakan akses
ke kode sumbernya untuk beberapa pemakai. Biasanya free software dikembangkan
serta di bangun oleh komune terbuka.
f. Open Source Software
Mempunyai makna dalam bhs Indonesia sebagai
piranti lunak sumber terbuka. Yakni satu type piranti lunak yang kode sumbernya
berbentuk terbuka serta bisa dipakai untuk dipelajari, dirubah, diperkembang,
ditingkatkan, dan dapat juga disebarluaskan.Biasanya piranti lunak type ini
diperkembang oleh komune terbuka yang mempunyai maksud meningkatkan piranti
lunak supaya gampang digerakkan oleh beberapa pemakai.
3.
Geogebra
Pengertian geogebra
Geogebra adalah Salah satu program komputer
yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika. GeoGebra
dikembangkan oleh Markus Hohenwarter pada tahun 2001. GeoGebra adalah prgram
komputer untuk membelajarkan matematika khususnya geometri dan aljabar. Hingga
saat ini, program ini telah digunakan oleh ribuan siswa maupun guru sekitar 192
negara. Program GeoGebra sangat bermanfaat bagi guru maupun siswa. Tidak
sebagaimana pada penggunaan software komersial yang biasanya hanya bisa
dimanfaatkan di sekolah, Geogebra dapat diinstal pada komputer pribadi dan
dimanfaatkan kapan dan di manapun oleh siswa maupun guru.kelebihan lainnya dari
software ini adalah dapat dioperasikan dalam bahasa Indonesia. Salah satu ontoh
penggunaan yang sangat sederhana misalnya pada kotak isian input saya memasukan
fungsi kuadrat, maka setelah menekan tombol [Enter] grafik fungsi kuadrat
tersebut akan ditampilkan. Dengan menggunakan tool point yang disediakan, saya
mengklik dua titik perpotongan grafik tersebut dengan sumbu x, sebagai
penyelesaian dimana y=0.
Tentunya GeoGebra dapat pula digunakan untuk
menyelesaikan dan menggambarkan berbagai persoalan matematika yang lebih
kompleks bagi pandangan saya. Saya sendiri, karena keterbatasan ilmu matematika
tentunya tidak dapat menggambarkan secara lengkap kegunaan dari GeoGebra, namun
jangan kuatir, menu-menu dapat disetting menggunakan Bahasa Indonesia, termasuk
menu bantuan (help) yang dapat membantu mengenal dan menggunakan Geogebra ini
sesuai dengan materi yang akan dipelajari atau diajarkan. GeoGebra dapat
digunakan pada komputer dengan sistem operasi Windows, Mac, Linux maupun
langsung melalui menu Web Start pada website-nya.
kegunaan
geogebra
a. Media pembelajaran matematika
Salah satu contoh salah satu materi di SMP
adalah persamaan garis lurus. Salah satu bentuk persamaan garis lurus adalah y
= mx + c. Persamaan ini mempunyai gradien m dan memotong sumbu Y di titik
(0,c). Semakin besar nilai gradien m maka garis semakin tegak. Hal ini dapat
ditunjukan dengan menggunakan geogebra.
b. Alat bantu membuat bahan ajar matematika
Geogebra dapat digunakan untuk menggambar
grafik fungsi f(x) = sin x dengan mudah, tinggal ketik langsung enter, maka
muncul deh grafiknya.
c. Menyelesaikan soal matematika
Contoh geogebra dapat dimanfaatkan untuk
menyelsaikan soal matematika
4.
Micromedia
Pengertian Micromedia
Software Macromedia Flash Full Version –
Merupakan salah satu software plugin yang manfaatnya untuk membuka atau melihat
gambar animasi,video juga game yang ada di dalam salah satu website system
plugin ini sangat di sukai dan di buru para pecinta animasi di seluruh dunia
tak terkecuali pekerjaan di birang IT yang sangat erat berhubungan dengan
plugin apalagi perusahaan penyedia atau pembuat website,karena manfaat dan
kegunaannya yang sangat tinggi dalam membantu mengaktifkan gambar bergerak atau
animasi.
Perusahaan IT Programmer rata-rata dalam
membuat website saat ini lebih banyak dengan media animasi karena akan membuat
sang website lebih cantik dan indah maka oleh sebab itu software Macromedia
Flash sangat di butuhkan apalagi saat ini sudah ada versi terbarunya Macromedia
Flash 8 cara installnya pun sangat mudah alias gampang.
Software Macromedia Flash akan sangat penting
bagi salah satu orang yang hobi atau kerjanya sebagai desainer web juga sebagai
pekerja pembuat iklan berkat bantuan software ini akan membantu dan memudahkan
saat membuat animasi yang nantikan akan di pergunakan dalam media iklan dari
yang animasi sederhana hingga animasi yang berbobot dengan menggunakan
actionscript.
Para desainer website akan merasa nyaman
apabila menggunakan software ini apalagi saat membuat menu utama di website
yang modelnya sangat aktif juga menarik software ini sangat cocok di gunakan karena
kelengkapan fitur-fiturnya yang ada di dalam software tersebut,apalagi para
pecinta game yang saat ini mengalami perkembangan yang signifikan tentunya
software ini sangat di butuhkan saat akan menjalankan salah satu game yang
lebih meyakinkan software ni mampu sebagai alat untuk belajar membuat
bermacam-macam game makanya saat ini perkembangan game sangat modern dan
canggih.
Manfaat
dan kegunaan Software Macromedia Flash
a.
Iklan Animasi : aplikasi Macromedia Flash sangat cocok
dan pas sebagai alat pembuat animasi seperti contoh untuk membuat kartu ucapan
yang gerak atau online,iklan gerak,kartun dan masih banyak lagi di dalam
aplikasi ini banyak di sediakan elemen animasi yang sangat lengkap dan detail.
b.
Game :
aplikasi Macromedia Flash juga mampu di pergunakan sebagai alat membentuk game
dua dimensi game yang nantinya akan menggabungkan animasi flash yang akan di
gabung dengan actionscript akan membuahkan hasil game yang modern.
c.
User
Interface : aplikasi Macromedia Flash dapat di pergunakan untuk membangun flash
aplikasi yang biasanya dengan basis web yang nantinya akan di lengkapi dengan
berbagai navigasi yang sangat sederhana.
d.
Flexible
Messaging Area : aplikasi Macromedia Flash mampu di rancang untuk membuat atau
menampilkan pesan yang selalu berubah setiap wakti di dalam web page seperti
wesite yang selalu menampilkan menu atau data terus berubah alias selalu update
seperti website jualan atau restoran.
Masih banyak lagi manfaat dan fungsi yang ada
di dalam software Macromedia Flash namun satu hal yang harus di ingat suatu
software akan berguna apabila sangat membantu dan memudahkan dalam mengerjakan
suatu hal juga banyak manfaatnya di bandingkan kekurangannya,software flash
saat ini banyak kita jumpai namun yang paling terkenal dan popular adalah
Macromedia Flash dan Adobe Flash plugin dan software nya sudah tidak bisa di
ragukan lagi. Demikian ulasan Free Download Software Macromedia Flash Full
Version semoga bermanfaat dan selamat mencoba belajar membuat animasi atau game
dengan aplikasi Macromedia Flash yang sudah tersedia.
5.
SPSS
Pengertian SPSS
SPSS merupakan salah satu software statistik
yang dibuat pertama kali pada tahun 1968 oleh tiga mahasiswa Stanford
University, yakni Norman H. Nie, C. Hadlai Hull, dan Dale H. Bent. Ketika
pertama kali diciptakan software ini dioperasikan pada komputer mainframe,
hingga akhirnya penerbit McGraw-Hill menerbitkan user manual SPSS.
Pada tahun 1984, muncul SPSS dalam versi PC
(bisa dipakai untuk komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+, dan sejalan dengan
populernya sistem operasi Windows maka SPSS pada tahun 1992 mengeluarkan versi
Windows. Selain itu, SPSS juga menjalin aliansi strategis dengan software house
lainnya, seperti Oracle corp, Business Object, serta Ceres Integrated Solution
untuk memperkuat market dalam bidang business intelligence.
Seiring dengan perkembangan zaman maka tujuan
awal diciptakan SPSS sedikit bergeser. Awalnya, SPSS diciptakan untuk proses
mengolah data dalam bidang ilmu sosial, dan saat itu SPSS merupakan singkatan
dari Statistical Package for the Social Science. Namun, sekarang fungsi SPSS
sudah diperluas untuk melayani berbagai jenis user seperti untuk proses
produksi pabrik, riset ilmu science, dan lainnya. Oleh karena itu, kepanjangan
SPSS pun berubah menjadi Statistical Product and Service Solution, dimana
pengguna software ini pun sangat beragam seperti HSBC Bank, ABN Amro Bank, AC
Nielsen (biro riset pemasaran terbesar di dunia), American Airlines, British
Telecommunication, Canon UK, Unilever, University of Chicago, dan perusahaan
besar lainnya.
Saat ini, software SPSS tidak hanya menangani
permasalahan statistik saja, namun sudah meluas ke data mining (mengeksplorasi
data yang telah terkumpul), dan predictive analytic. Versi terbaru dari SPSS
adalah SPSS 17 yang diluncurkan akhir tahun 2007, dimana sebelumnya telah
dikeluarkan berbagai versi SPSS mulai dari SPSS 7.5, SPSS 10, sampai SPSS 15.
6.
Quipper Video
Quipper Video adalah sebuah website dengan
sebuah fitur fitur khusus untuk pendidikan dan di gunakan untuk belajar secara
online .Berbeda dengan quipper school,Quipper video memiliki lebih banyak fitur
fitur penting yang membuat pelajaran lebih mudah dipahami dan belajar pun
terasa lebih menyenangkan.Sebenarnya Quipper video dan Quipper school tergabung
satu web.jadi,quipper video merupakan fitur fitur tertentu yang tentunya harus
diaktifkan dengan membayar dan tentunya harus memiliki kuota untuk membuka quipper
video.
Berikut adalah fitur-fitur
Quiper video
a.
Tutorial Video dari guru guru
terbaik.
jika anda belum paham dengan pelajaran yang diajarkan maka anda
bisa melihat video tutorial yang akan diajarkan oleh guru yang jenius .
b.
unduh catatan .selain Tutorial
Video
quipper juga menyediakan fitur unduh catatan,setiap materi
terdapat sebuah catatan yang berbentuk file (.pdf) yang bisa di download.
c. soal soal ujian dari tahun sebelumnya yang
dapat dipelajari
Quipper
Video menyediakan soal soal ujian dari tahun sebelumnya yang dapat dikerjakan
sebagai latihan untuk menempuh ujian nasional kali ini .
berikut adalah
kelebihan Quipper Video jika dibandingkan dengan Quipper School :
a.
Tidak tergantung pada kelas yang
dibuat.pada quipper school.
guru harus membuat kelas dan soal soal sendiri,siswa pun harus
masuk ke kelas yang sudah dibuat gurunya dengan memasukkan kode kode
tertentu.Berbeda dengan qupper school ,quipper video tidak tergantung pada
kelas karena sudah disediakan materi dan soal soal.
b. bisa belajar materi apapun,kapanpun,dan
dimanapun.
pada quipper
video ,kita bisa mengerjakan materi dan pelajaran apapun,kapanpun,dan
dimanapun, karena materi nya sudah disediakan semuanya.sedangkan pada quipper
school, kita hanya bisa mengerjakan materi dan pelajaran jika guru sudah
membuat kelas dan materi ,dan itupun terbatas .
c.
tuntunan dari guru yang diberikan
secara visual melalui tutorial video.
pada quipper video, terdapat vitur tutorial video yang tentunya
akan mempermudah kita untuk memahami pelajaran dan sedangkan pada quipper
school tidak ada fitur tersebut.
d.
kita bisa mengunduh catatan dari
setiap materi yang diajarkan.
quipper video menyediakan fitur unduh catatan yang bisa kita
download dan kita baca secara offline ,sedangkan quipper school tidak memiliki
fitur tersebut.
7.
Youtube
YouTube adalah sebuah situs web berbagi
video yang dibuat oleh tiga
mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna
mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai
macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video
musik. Selain itu ada
pula konten amatir seperti blog
video, video orisinal
pendek, dan video pendidikan.
Kebanyakan konten di YouTube
diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi
lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program
kemitraan YouTube Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara
pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas.
Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh
pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube,
LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai
anak perusahaan Google.
8. Microsoft word
Microsoft Word atau Microsoft Office
Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah
kata (word
processor) andalan Microsoft.
Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk
berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple
Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft
Windows(1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft
Office Word. Di Office
2013,
Namanya cukup dinamakan Word.
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC).
Pencipta Bravo, Charles
Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari
PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word,
Microsoft menerbitkan program ini pada 25
Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat
itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is
What You Get", atau WYSIWYG, dan
merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring
pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang
saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word
processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan
warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak
perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan
sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan
resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang
beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur
WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh
dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas
dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for
Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform
lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh,
adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan
fitur baru tetapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan,
Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua
pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01
secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan
Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis
pada tahun 1989,
merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
9. Microsoft excel
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang
dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan
pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik
yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang
agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang
populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan
program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di
platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel
2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.
10.
Microsoft power point
Microsoft
PowerPoint atau Microsoft Office
PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi
kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di
atas komputer PC berbasis sistem operasiMicrosoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem
operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan
perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama
dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint.
Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari
PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung
ke dalam paket Microsoft Office 2013.
11. Photomath
Photomath adalah aplikasi mobile yang digambarkan sebagai " kalkulator kamera ", yang memanfaatkan kamera
telepon untuk mengenali pola matematis dan untuk menampilkan solusinya secara
langsung di layar. Ini tersedia secara gratis di Google Androiddan iOS . Aplikasi ini dirilis pada tahun
2014 oleh microblink ,
sebuah perusahaan yang berbasis di Zagreb , Kroasia , dengan kantor terdaftar di London , Inggris. Perusahaan mengkhususkan diri pada perangkat
lunak pengenalan teks. Pada
tahun 2016, selain teks tercetak, ia juga mengenali tulisan tangan dan
memberikan beberapa langkah untuk persamaan matematis. Sejak 2017, Photomath
telah beroperasi sebagai perusahaan terpisah. Ini termasuk dalam daftar 20 aplikasi
pengajaran dan pembelajaran terbaik yang menempati posisi ketiga. Ia mendapat
pujian dan kritik dari para guru.
12. Mathway
Mathway memberi siswa alat yang mereka butuhkan
untuk memahami dan memecahkan masalah matematika mereka. Dengan jutaan
pengguna dan miliaran masalah yang terpecahkan, Mathway adalah sumber pemecahan
masalah # 1 yang tersedia bagi siswa, orang tua, dan guru. Tujuan jangka
panjang Mathway adalah membuat bantuan matematika on-demand berkualitas dapat
diakses oleh semua siswa. Mathway adalah usaha kreatif ambisius dan jangka
panjang yang akan memberikan peningkatan fitur dan fungsionalitas selama
bertahun-tahun yang akan datang.
Sumber:https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=https://www.mathway.com/about&prev=search
13. Ruangguru
Ruangguru
berdiri
pada tahun 2014, lebih tepatnya pada Hari Kartini, sebagai perusahaan penyedia
layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi. Menyasar kepada para stakeholder
pendidikan – murid, guru, orang tua, pemerintah, institusi – Ruangguru.com menyediakan
sistem tata kelola pembelajaran (learning management system) yang
dapat digunakan murid dan guru dalam mengelola kegiatan belajar di kelas secara
virtual melalui Kelas Saya. Dilengkapi dengan ribuan bank soal yang
kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia, serta
peralatan analisis hasil tes, pengguna dapat memanfaatkannya tanpa dipungut
biaya.
Bagi
para murid, kamu bisa mengerjakan latihan soal secara online, baik
melalui website Ruangguru.com ataupun aplikasi Ruangguru, sambil bermain game Petualangan Nusantara. Di
sana, berbagai latihan soal yang disusun berdasarkan topik mata pelajaran,
dapat kamu taklukkan sambil menangkap monster-monster yang tersebar di setiap
topik mata pelajaran. Konsep yang paling mutakhir yang tersedia pada latihan
soal online ini sengaja kami hadirkan untuk menambah nuansa belajar agar
semakin menyenangkan.
14. Adobe Acrobat
apa itu sebenarnya Adobe
Acrobat? Kita mungkin sudah mengenal Acrobat Reader sebagai software yang bisa
kita dowload secara gratis di websitenya Adobe. Tapi, apa Acrobat
Reader itu sama dengan Adobe Acrobat? Tidak teman. Acrobat Reader itu
beda dengan Adobe Acrobat. Bedanya? Acrobat Reader itu hanyalah salah satu dari
sekian produk Adobe Acrobat.
Seperti yang kita tahu, bahwa
produk dari Adobe Acrobat itu banyak jenisnya. Misalnya, Acrobat Standard,
Acrobat Professional, and Acrobat 3D. Masing-masing produk ini mempunyai
kelebihan dan keistimewaan. Dan tentu saja produk-produk ini tidak bisa di
download secara gratis. Mengapa? Sebab produk-produk itu adalah produk
komersial. Yang artinya, dibuat dengan tujuan komersil.
Hingga saat ini, Adobe
Acrobat (standard dan profesional) telah mencapai versi 8. Banyak fasilitas-fasilitas
baru yang ditambahkan pada versi 8 ini. Tapi, buat apa kita mengetahui dan
mempelajari mengenai Adobe Acrobat ini? Apa ada manfaatnya? Tentu saja teman.
Seperti yang kita tahu, PDF adalah dokumen yang paling umum, dan paling populer
digunakan untuk membuat ebook.
15. Google classroom
Google Classroom (atau dalam bahasa
Indonesia yaitu Ruang
Kelas Google) adalah suatu serambi pembelajaran
campuranyang
diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan
jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan
setiap penugasan tanpa kertas. Perangkat lunak ini telah diperkenalkan sebagai
keistimewaan Google Apps for Education lalu itu disudahi dengan pengeluaran kepada khalayak
sejak 12 Agustus 2014. Google sudah melakukan pemberitahuan
mengenai antarmuka pemrograman aplikasi dari sebuah ruang kelas dan sebuah
tombol berbagi untuk situs web sehingga pihak kepengelolaan sekolah beserta
para pengembang diperkenankan supaya melakukan penerapan lebih lanjut terhadap
Google Classroom.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar