Minggu, 21 Januari 2018

SOFTWARE OFFLINE DAN ONLINE

1.      Web
Pengertian web
Web Site Disebut juga site, situs, situs web, atau portal. Secara makna sebuah website adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet tanpa terbatas ruang dan waktu.
Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.
Sebuah website adalah representasi virtual anda atau bisnis anda yang berada di internet. Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, semua orang menginginkan informasi dapat tersaji dengan cepat dan akurat. Tanpa melihat seberapa besar bisnis anda,  apapun bisnis anda, sungguh disayangkan jika tidak memiliki website yang mana hampir semua calon konsumen menggunakan fasilitas ini untuk memenuhi kebutuhannya akan informasi produk-produk yang pasarkan.

Jenis-jenis website:
·         Website Profile
·          Website Toko Online
·         Website Catalog
·         Website Komunitas   
·         Website Pendidikan
·         Website Berita
·         Website Personal (branding)
·         Website Bisnis, dll

Manfaat website
Dengan memiliki website untuk usaha, berarti usaha sudah berada selangkah lebih maju dibandingkan competitor yang belum memiliki website. Meningkatkan brand/prestise perusahaan mata pelanggan dan calon pelanggan.
Melalui website dapat memberikan informasi secara update kepada pelanggan. Baik berupa informasi produk atau dukungan terhadap produk yang telah dibeli.
Website menampung produk dan informasi sebanyak-banyaknya. (Media advertising terbatas).
Media Advertising (koran, tabloid, brosur) hanya pancingan saja. Pembaca akan mencari informasi lebih banyak melalui website Anda.
Produk dan informasi akan terpublikasi ke seluruh dunia.(Media advertising hanya terbatas lokal saja). Sebagai tempat penjualan (Showroom) 24 jam selain toko nyata.
Website adalah investasi super murah. Bandingkan dengan toko nyata yang harus sewa ruko, bayar listrik, bayar karyawan, telpon, dll.
Memudahkan pelanggan menghubungi, dan mendapatkan informasi produk dan jasa. Mendapatkan Pelanggan Baru setelah melihat informasi yang menarik  ada diwebsite.
Salah satu kunci utama suksesnya sebuah website adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung sebagai pelanggan.





2.      Software
Pengertian Software
Software adalah suatu perangkat lunak yang dapat dijalankan pada perangkat keras seperti komputer, handphone, dan perangkat keras lain yang menghubungkan dengan user. Kegunaan software itu sendiri yaitu sebagai sistem yang dapat berguna untuk manusia sebagai user dalam memudahkan pekerjaannya. Seperti halnya sistem operasi yang termasuk ke dalam software atau perangkat lunak berguna untuk mengelola sumber daya perangkat keras.

Manfaat Software
Dengan semakin berkembangnya hardware, akan diikuti oleh perkembangan software untuk mengimbangi kebutuhan software terhdap hardware. Perkembangan software yang sangat cepat ini tidak lepas dari banyaknya software yang bersifat open source yang dapat dikembangkan oleh para developer, seperti Google yang menyediakan dari beberapa produknya (Google Maps, Google Translate, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan oleh developer sehingga semakin meluaskan fungsi. Dengan banyaknya pihak developer atau programmer ini akan semakin meningkatkan perkembangan software baik yang bersifat komersil maupun yang sifatnya freeware.
Tak sedikit orang atau perusahaan yang memanfaatkan pengembangan software sebagai mata pencarian atau sumber pendapatan. Software yang bersifat komersil dibedakan menjadi 3 segi kebutuhan, yaitu:
·         Software sebagai produk.
Merupakan manfaat software dijadikan sebuah produk yang dapat dijual kepada masyarakat atau perusahaan yang membutuhkan. Misalnya: sistem kasir, sistem pos (Point of Sale), sistem keuangan, dan lain-lain. Sistem tersebut bersifat paten yang dibuat oleh perusahaan tertentu yang kemudian dijadikan produk dari perusahaan tersebut yang dapat dijual kepada perusahaan lain yang membutuhkan. Biasanya produk software ini diberi nama yang dijadikan trend atau ciri khas dari perusahaan tersebut. Misalkan dari perusahaan Bitncode, semua produk aplikasi yang dibuat diberi nama Bit, Yaitu: BitFinance, BirKasir, BitAbsensiOnline, dan lain-lain. Kegunaan software sebagai produk ini telah diterapkan di Jepang, dan negara-negara barat.
·         Software sebagai bisnis.
Yaitu bisnis yang dilakukan dengan menciptakan sebuah software yang dapat memberikan penghasilan secara terus-menerus dari software tersebut melalui jalur bisnis. Software yang dibuat lebih pada pendekatan memberikan layanan atau jasa yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain dengan membayar license atau sewa.
·         Software sebagai proyek.
Yaitu seorang individu/perorangan atau suatu perusahaan yang menjadikan software hanya sebagai proyek untuk mendapatkan penghasilan. Pembuat software hanya akan membuat software ketika ada permintaan dari user. Dan ketika software telah selesai dibuat, berakhir pula software tersebut sebagai software milik pembeli.  Kegunaan software sebagai proyek ini banyak diterapkan di Indonesia. Itulah sebabnya software di Indonesia susah berkembang. Biasanya yang menggunakan software sebagai proyek ini adalah mahasiswa dan software house. Mereka tidak membuat software sebagai produk mereka, melainkan membuat software ketika ada permintaan dari user.



Pembagian Software
Pada dasarnya, Software bisa dibedakan jadi bagian-bagian diantaranya seperti berikut :
a.       System Operasi yaitu pirantil lunak yang mengorganisasikan semuanya komponen mesin computer.
Contoh-Contoh System Operasi:
·         Macintosh
·         Linux
·         Unix
·         Microsft Windows
b.      Program Aplikasi (Siap Gunakan) yaitu satu program yang ditulis dalam bhs pemrograman spesifik untuk diaplikasikan pada bagian spesifik. Program Aplikasi dibedakan dalam sebagian type aplikasi diantaranya seperti berikut :
·         Pengolah kata (word processor), misalnya : Ms. Word, Word Star, Word Perfect
·         Pengolah angka (spread sheet), misalnya : Exel, Lotus, Quattro pro
·         Pengolah data (database), misalnya : Ms. Access, Dbase, Foxpro
·         Pengolah citra (drawing, misalnya : Adobe photoshop, Corel Draw, 3DStudio.
c.       Program Bantu (Utility) yaitu satu program yang berperan untuk menolong system operasi.
Contoh-Contoh Program Bantu (Utility):
·         Moxilla firefox
·         Anti Virus
·         Winamp
·         FLV Player
·         PC Tools
d.      Bahasa Pemrograman yaitu satu program yang berupa assambler compiler atau interpreter.
Contoh-Contoh Bahasa Pemrograman:
·         ASP
·         HTML
·         Visual Basic
·         Pascal
·         Java
·         Delphi
·         PHP

Jenis Perangkat Lunak/Software
Komputer dalam menggerakkan fungsinya di dukung oleh dua type piranti. Bila satu diantara piranti rusak maka automatis computer tak dapat dipakai kembali.Ke-2 piranti tersebut di Indonesia di kenal dengan perangkat keras atau hardware serta perangkat lunak atau software.
Pada saat ini, kami bakal sharing info mengenai beberapa jenis piranti lunak yang dapat digerakkan di computer pribadimu. Dengan tahu beberapa jenis piranti lunak yang ada sekarang ini, anda semakin lebih gampang lagi menentukan mana yang paling pas buat kamu pakai.
Piranti lunak computer sendiri mempunyai pengertian beberapa kumpulan data-data elektronik yang disimpan dan ditata oleh computer. Data-data itu disimpan berbentuk program maupun instruksi yang bakal menggerakkan beragam jenis perintah yang bisa digerakkan.

Di bawah ini beberapa jenis software yang ada serta bisa anda gunakan untuk menggerakkan komputermu.
a.       Commercial Software
type piranti lunak computer yang umum di ketahui orang yaitu piranti lunak yang berbayar. Piranti lunak ini di buat untuk tujuan serta keperluan komersial.Tiap-tiap pemakai yang ingin memakainya mesti terlebih dulu membelinya pada pihak yang mendistribusikannya.Terkecuali beli pada yang mendistribusikan piranti lunak itu, anda dapat juga membelinya pada pengembang yang membuatnya secara langsung.Pemakai yang memanfaatkan piranti lunak ini umumnya tak diizinkan untuk menebarluaskan lagi piranti lunak itu.
Sebagian contoh piranti lunak berbayar diantaranya seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Office, serta lain sebagainya. Piranti lunak berbayar dilindungi oleh undang-undang hak cipta hingga distribusinya terbatas.

b.      Freeware
Freeware atau piranti lunak gratis ini dapat mempunyai hak cipta di mana pemakai yang mau memakainya diberikan kebebasan untuk mengunduh dengan cara gratis serta tanpa ada batasan waktu.Umumnya beberapa pengembang parangkat lunak gratis ini membuatnya diperuntukkan untuk satu komune. Tetapi pengembang itu tetaplah ingin menjaga hak ciptanya sekaligus terus mempunyai kontrol luas dalam pengembangan versi yang lebih up-date.Satu diantara contoh freeware yang terkenal orang-orang seperti Mozilla Firefox.

c.       Shareware
Piranti lunak type ini sediakan program gratis dengan batasan waktu khusus serta manfaat dan kenyamanan yang lebih terbatas. Istilahnya program eksperimen atau trial.Bila pemakai mau meneruskan saat pemakaian piranti lunak atau mau memperoleh service yang lebih komplit lagi, maka pemakai mesti membayar sejumlah uang pada distributor atau pengembang piranti lunak itu.

d.      Firmware
Piranti lunak type ini merujuk pada model penyimpanan dalam Memory Read Only atau penyimpanan yang cuma bisa di baca. Sifatnya lebih paten lantaran tidak akan lakukan pengembangan secara automatis meskipun ada persoalan secara fungsionalitas.Umumnya firmware sudah tertanam serta menyatu dengan satu piranti keras seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi serta komponen-komponen piranti keras computer. Hingga firmware oleh beberapa pakar dikira bukanlah piranti lunak seutuhnya.

e.       Free Software
Arti free software atau piranti lunak bebas ditampilkan dengan merujuk pada piranti lunak yang bebas untuk dipakai, dipelajari, dirubah dan disalin dengan atau tanpa ada modifikasi.Bebas disini bermakna pemakai tak perlu memohon izin pada siapa saja untuk memakainya. Piranti lunak bebas dalam makna free software ini tidak sama dengan freeware.Piranti lunak ini umumnya mempunyai satu lisensi serta sediakan akses ke kode sumbernya untuk beberapa pemakai. Biasanya free software dikembangkan serta di bangun oleh komune terbuka.


f.       Open Source Software
Mempunyai makna dalam bhs Indonesia sebagai piranti lunak sumber terbuka. Yakni satu type piranti lunak yang kode sumbernya berbentuk terbuka serta bisa dipakai untuk dipelajari, dirubah, diperkembang, ditingkatkan, dan dapat juga disebarluaskan.Biasanya piranti lunak type ini diperkembang oleh komune terbuka yang mempunyai maksud meningkatkan piranti lunak supaya gampang digerakkan oleh beberapa pemakai.


3.      Geogebra
Pengertian geogebra
Geogebra adalah Salah satu program komputer yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika. GeoGebra dikembangkan oleh Markus Hohenwarter pada tahun 2001. GeoGebra adalah prgram komputer untuk membelajarkan matematika khususnya geometri dan aljabar. Hingga saat ini, program ini telah digunakan oleh ribuan siswa maupun guru sekitar 192 negara. Program GeoGebra sangat bermanfaat bagi guru maupun siswa. Tidak sebagaimana pada penggunaan software komersial yang biasanya hanya bisa dimanfaatkan di sekolah, Geogebra dapat diinstal pada komputer pribadi dan dimanfaatkan kapan dan di manapun oleh siswa maupun guru.kelebihan lainnya dari software ini adalah dapat dioperasikan dalam bahasa Indonesia. Salah satu ontoh penggunaan yang sangat sederhana misalnya pada kotak isian input saya memasukan fungsi kuadrat, maka setelah menekan tombol [Enter] grafik fungsi kuadrat tersebut akan ditampilkan. Dengan menggunakan tool point yang disediakan, saya mengklik dua titik perpotongan grafik tersebut dengan sumbu x, sebagai penyelesaian dimana y=0.

Tentunya GeoGebra dapat pula digunakan untuk menyelesaikan dan menggambarkan berbagai persoalan matematika yang lebih kompleks bagi pandangan saya. Saya sendiri, karena keterbatasan ilmu matematika tentunya tidak dapat menggambarkan secara lengkap kegunaan dari GeoGebra, namun jangan kuatir, menu-menu dapat disetting menggunakan Bahasa Indonesia, termasuk menu bantuan (help) yang dapat membantu mengenal dan menggunakan Geogebra ini sesuai dengan materi yang akan dipelajari atau diajarkan. GeoGebra dapat digunakan pada komputer dengan sistem operasi Windows, Mac, Linux maupun langsung melalui menu Web Start pada website-nya.


kegunaan geogebra
a.       Media pembelajaran matematika
Salah satu contoh salah satu materi di SMP adalah persamaan garis lurus. Salah satu bentuk persamaan garis lurus adalah y = mx + c. Persamaan ini mempunyai gradien m dan memotong sumbu Y di titik (0,c). Semakin besar nilai gradien m maka garis semakin tegak. Hal ini dapat ditunjukan dengan menggunakan geogebra.

b.      Alat bantu membuat bahan ajar matematika
Geogebra dapat digunakan untuk menggambar grafik fungsi f(x) = sin x dengan mudah, tinggal ketik langsung enter, maka muncul deh grafiknya.


c.       Menyelesaikan soal matematika
Contoh geogebra dapat dimanfaatkan untuk menyelsaikan soal matematika


4.      Micromedia
Pengertian Micromedia
Software Macromedia Flash Full Version – Merupakan salah satu software plugin yang manfaatnya untuk membuka atau melihat gambar animasi,video juga game yang ada di dalam salah satu website system plugin ini sangat di sukai dan di buru para pecinta animasi di seluruh dunia tak terkecuali pekerjaan di birang IT yang sangat erat berhubungan dengan plugin apalagi perusahaan penyedia atau pembuat website,karena manfaat dan kegunaannya yang sangat tinggi dalam membantu mengaktifkan gambar bergerak atau animasi.

Perusahaan IT Programmer rata-rata dalam membuat website saat ini lebih banyak dengan media animasi karena akan membuat sang website lebih cantik dan indah maka oleh sebab itu software Macromedia Flash sangat di butuhkan apalagi saat ini sudah ada versi terbarunya Macromedia Flash 8 cara installnya pun sangat mudah alias gampang.

Software Macromedia Flash akan sangat penting bagi salah satu orang yang hobi atau kerjanya sebagai desainer web juga sebagai pekerja pembuat iklan berkat bantuan software ini akan membantu dan memudahkan saat membuat animasi yang nantikan akan di pergunakan dalam media iklan dari yang animasi sederhana hingga animasi yang berbobot dengan menggunakan actionscript.

Para desainer website akan merasa nyaman apabila menggunakan software ini apalagi saat membuat menu utama di website yang modelnya sangat aktif juga menarik software ini sangat cocok di gunakan karena kelengkapan fitur-fiturnya yang ada di dalam software tersebut,apalagi para pecinta game yang saat ini mengalami perkembangan yang signifikan tentunya software ini sangat di butuhkan saat akan menjalankan salah satu game yang lebih meyakinkan software ni mampu sebagai alat untuk belajar membuat bermacam-macam game makanya saat ini perkembangan game sangat modern dan canggih.


Manfaat dan kegunaan Software Macromedia Flash

a.       Iklan Animasi : aplikasi Macromedia Flash sangat cocok dan pas sebagai alat pembuat animasi seperti contoh untuk membuat kartu ucapan yang gerak atau online,iklan gerak,kartun dan masih banyak lagi di dalam aplikasi ini banyak di sediakan elemen animasi yang sangat lengkap dan detail.
b.      Game : aplikasi Macromedia Flash juga mampu di pergunakan sebagai alat membentuk game dua dimensi game yang nantinya akan menggabungkan animasi flash yang akan di gabung dengan actionscript akan membuahkan hasil game yang modern.
c.       User Interface : aplikasi Macromedia Flash dapat di pergunakan untuk membangun flash aplikasi yang biasanya dengan basis web yang nantinya akan di lengkapi dengan berbagai navigasi yang sangat sederhana.
d.      Flexible Messaging Area : aplikasi Macromedia Flash mampu di rancang untuk membuat atau menampilkan pesan yang selalu berubah setiap wakti di dalam web page seperti wesite yang selalu menampilkan menu atau data terus berubah alias selalu update seperti website jualan atau restoran.

Masih banyak lagi manfaat dan fungsi yang ada di dalam software Macromedia Flash namun satu hal yang harus di ingat suatu software akan berguna apabila sangat membantu dan memudahkan dalam mengerjakan suatu hal juga banyak manfaatnya di bandingkan kekurangannya,software flash saat ini banyak kita jumpai namun yang paling terkenal dan popular adalah Macromedia Flash dan Adobe Flash plugin dan software nya sudah tidak bisa di ragukan lagi. Demikian ulasan Free Download Software Macromedia Flash Full Version semoga bermanfaat dan selamat mencoba belajar membuat animasi atau game dengan aplikasi Macromedia Flash yang sudah tersedia.


5.      SPSS
Pengertian SPSS
SPSS merupakan salah satu software statistik yang dibuat pertama kali pada tahun 1968 oleh tiga mahasiswa Stanford University, yakni Norman H. Nie, C. Hadlai Hull, dan Dale H. Bent. Ketika pertama kali diciptakan software ini dioperasikan pada komputer mainframe, hingga akhirnya penerbit McGraw-Hill menerbitkan user manual SPSS.
Pada tahun 1984, muncul SPSS dalam versi PC (bisa dipakai untuk komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+, dan sejalan dengan populernya sistem operasi Windows maka SPSS pada tahun 1992 mengeluarkan versi Windows. Selain itu, SPSS juga menjalin aliansi strategis dengan software house lainnya, seperti Oracle corp, Business Object, serta Ceres Integrated Solution untuk memperkuat market dalam bidang business intelligence.
Seiring dengan perkembangan zaman maka tujuan awal diciptakan SPSS sedikit bergeser. Awalnya, SPSS diciptakan untuk proses mengolah data dalam bidang ilmu sosial, dan saat itu SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package for the Social Science. Namun, sekarang fungsi SPSS sudah diperluas untuk melayani berbagai jenis user seperti untuk proses produksi pabrik, riset ilmu science, dan lainnya. Oleh karena itu, kepanjangan SPSS pun berubah menjadi Statistical Product and Service Solution, dimana pengguna software ini pun sangat beragam seperti HSBC Bank, ABN Amro Bank, AC Nielsen (biro riset pemasaran terbesar di dunia), American Airlines, British Telecommunication, Canon UK, Unilever, University of Chicago, dan perusahaan besar lainnya.
Saat ini, software SPSS tidak hanya menangani permasalahan statistik saja, namun sudah meluas ke data mining (mengeksplorasi data yang telah terkumpul), dan predictive analytic. Versi terbaru dari SPSS adalah SPSS 17 yang diluncurkan akhir tahun 2007, dimana sebelumnya telah dikeluarkan berbagai versi SPSS mulai dari SPSS 7.5, SPSS 10, sampai SPSS 15.


6.      Quipper Video
Quipper Video adalah sebuah website dengan sebuah fitur fitur khusus untuk pendidikan dan di gunakan untuk belajar secara online .Berbeda dengan quipper school,Quipper video memiliki lebih banyak fitur fitur penting yang membuat pelajaran lebih mudah dipahami dan belajar pun terasa lebih menyenangkan.Sebenarnya Quipper video dan Quipper school tergabung satu web.jadi,quipper video merupakan fitur fitur tertentu yang tentunya harus diaktifkan dengan membayar dan tentunya harus memiliki kuota untuk membuka quipper video.

Berikut adalah fitur-fitur Quiper video
a.       Tutorial Video dari guru guru terbaik.
jika anda belum paham dengan pelajaran yang diajarkan maka anda bisa melihat video tutorial yang akan diajarkan oleh guru yang jenius .
b.      unduh catatan .selain Tutorial Video
quipper juga menyediakan fitur unduh catatan,setiap materi terdapat sebuah catatan yang berbentuk file (.pdf) yang bisa di download.
c.       soal soal ujian dari tahun sebelumnya yang dapat dipelajari
Quipper Video menyediakan soal soal ujian dari tahun sebelumnya yang dapat dikerjakan sebagai latihan untuk menempuh ujian nasional kali ini . 

berikut adalah kelebihan Quipper Video jika dibandingkan dengan Quipper School :
a.       Tidak tergantung pada kelas yang dibuat.pada quipper school.
guru harus membuat kelas dan soal soal sendiri,siswa pun harus masuk ke kelas yang sudah dibuat gurunya dengan memasukkan kode kode tertentu.Berbeda dengan qupper school ,quipper video tidak tergantung pada kelas karena sudah disediakan materi dan soal soal.
b.      bisa belajar materi apapun,kapanpun,dan dimanapun.
pada quipper video ,kita bisa mengerjakan materi dan pelajaran apapun,kapanpun,dan dimanapun, karena materi nya sudah disediakan semuanya.sedangkan pada quipper school, kita hanya bisa mengerjakan materi dan pelajaran jika guru sudah membuat kelas dan materi ,dan itupun terbatas .
c.       tuntunan dari guru yang diberikan secara visual melalui tutorial video.
pada quipper video, terdapat vitur tutorial video yang tentunya akan mempermudah kita untuk memahami pelajaran dan sedangkan pada quipper school tidak ada fitur tersebut.
d.      kita bisa mengunduh catatan dari setiap materi yang diajarkan.
quipper video menyediakan fitur unduh catatan yang bisa kita download dan kita baca secara offline ,sedangkan quipper school tidak memiliki fitur tersebut. 


7.      Youtube
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBSBBCVevoHulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.


8.      Microsoft word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIXOS/2, dan Microsoft Windows(1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word.
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-MouseWord processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tetapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

9.      Microsoft excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.


10.  Microsoft power point
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft WordExcelAccess dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasiMicrosoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.


11.  Photomath
Photomath adalah aplikasi mobile yang digambarkan sebagai " kalkulator kamera ", yang memanfaatkan kamera telepon untuk mengenali pola matematis dan untuk menampilkan solusinya secara langsung di layar. Ini tersedia secara gratis di Google Androiddan iOS . Aplikasi ini dirilis pada tahun 2014 oleh microblink , sebuah perusahaan yang berbasis di Zagreb , Kroasia , dengan kantor terdaftar di London , Inggris. Perusahaan mengkhususkan diri pada perangkat lunak pengenalan teks. Pada tahun 2016, selain teks tercetak, ia juga mengenali tulisan tangan dan memberikan beberapa langkah untuk persamaan matematis. Sejak 2017, Photomath telah beroperasi sebagai perusahaan terpisah. Ini termasuk dalam daftar 20 aplikasi pengajaran dan pembelajaran terbaik yang menempati posisi ketiga. Ia mendapat pujian dan kritik dari para guru.
 
12.  Mathway
Mathway memberi siswa alat yang mereka butuhkan untuk memahami dan memecahkan masalah matematika mereka. Dengan jutaan pengguna dan miliaran masalah yang terpecahkan, Mathway adalah sumber pemecahan masalah # 1 yang tersedia bagi siswa, orang tua, dan guru. Tujuan jangka panjang Mathway adalah membuat bantuan matematika on-demand berkualitas dapat diakses oleh semua siswa. Mathway adalah usaha kreatif ambisius dan jangka panjang yang akan memberikan peningkatan fitur dan fungsionalitas selama bertahun-tahun yang akan datang.


13.  Ruangguru
Ruangguru berdiri pada tahun 2014, lebih tepatnya pada Hari Kartini, sebagai perusahaan penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi. Menyasar kepada para stakeholder pendidikan – murid, guru, orang tua, pemerintah, institusi – Ruangguru.com menyediakan sistem tata kelola pembelajaran (learning management system) yang dapat digunakan murid dan guru dalam mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual melalui Kelas Saya. Dilengkapi dengan ribuan bank soal yang kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia, serta peralatan analisis hasil tes, pengguna dapat memanfaatkannya tanpa dipungut biaya.
Bagi para murid, kamu bisa mengerjakan latihan soal secara online, baik melalui website Ruangguru.com ataupun aplikasi Ruangguru, sambil bermain game Petualangan Nusantara. Di sana, berbagai latihan soal yang disusun berdasarkan topik mata pelajaran, dapat kamu taklukkan sambil menangkap monster-monster yang tersebar di setiap topik mata pelajaran. Konsep yang paling mutakhir yang tersedia pada latihan soal online ini sengaja kami hadirkan untuk menambah nuansa belajar agar semakin menyenangkan.
14.  Adobe Acrobat
apa itu sebenarnya Adobe Acrobat? Kita mungkin sudah mengenal Acrobat Reader sebagai software yang bisa kita dowload secara gratis di websitenya Adobe. Tapi, apa Acrobat Reader itu sama dengan Adobe Acrobat? Tidak teman. Acrobat Reader itu beda dengan Adobe Acrobat. Bedanya? Acrobat Reader itu hanyalah salah satu dari sekian produk Adobe Acrobat.
Seperti yang kita tahu, bahwa produk dari Adobe Acrobat itu banyak jenisnya. Misalnya, Acrobat Standard, Acrobat Professional, and Acrobat 3D. Masing-masing produk ini mempunyai kelebihan dan keistimewaan. Dan tentu saja produk-produk ini tidak bisa di download secara gratis. Mengapa? Sebab produk-produk itu adalah produk komersial. Yang artinya, dibuat dengan tujuan komersil.
Hingga saat ini, Adobe Acrobat (standard dan profesional) telah mencapai versi 8. Banyak fasilitas-fasilitas baru yang ditambahkan pada versi 8 ini. Tapi, buat apa kita mengetahui dan mempelajari mengenai Adobe Acrobat ini? Apa ada manfaatnya? Tentu saja teman. Seperti yang kita tahu, PDF adalah dokumen yang paling umum, dan paling populer digunakan untuk membuat ebook.

15.  Google classroom
Google Classroom (atau dalam bahasa Indonesia yaitu Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi pembelajaran campuranyang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas. Perangkat lunak ini telah diperkenalkan sebagai keistimewaan Google Apps for Education lalu itu disudahi dengan pengeluaran kepada khalayak sejak 12 Agustus 2014. Google sudah melakukan pemberitahuan mengenai antarmuka pemrograman aplikasi dari sebuah ruang kelas dan sebuah tombol berbagi untuk situs web sehingga pihak kepengelolaan sekolah beserta para pengembang diperkenankan supaya melakukan penerapan lebih lanjut terhadap Google Classroom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar